Lukisan yang menggambarkan tentara Belanda menyerang Masjid Raya di Kutaraja pada Januari 1874.
Tahun 1600, serangan di Nieuwpoort.
Siapa yang masih membicarakan Perang Aceh? Siapa yang tahu mengapa
Gubernur Jendral Loudon di Batavia (Jakarta) yang otokratis, keras
kepala, impulsif dan gigih memulai perang melawan Aceh tahun 1873?
Berapa tahun perang ini berlangsung? Siapa yang tahu di sungai mana, di
benteng Aceh yang mana, di semak belukar yang mana, di bukit dan gunung
yang mana, di kampung yang terbakar mana serta
kebun kelapa yang mana tempat para serdadu Belanda dan Aceh saling
melemparkan klewang satu sama lain?
Siapa
yang masih ingat nama kampung-kampung di Aceh tempat para pejuang Aceh
dapat berleha-leha dengan 70 bidadari yang cantik setelah ’pasifikasi’,
’ekskursi’, ’pendisiplinan’ Belanda? Masih ingatkah kita bagaimana
Jendral Köhler, komandan pasukan invasi Belanda tahun 1873, terbunuh di
bawah pohon geulumpang dekat Mesjid Raya di Kutaraja? Tentang Jendral
van der Heijden, alias Kareltje Eénoog, yang bersujud kepada orang-orang Aceh menyatakan terima kasihnya karena dia masih bisa selamat?
Siapa pula yang masih ingat tentang Belanda yang sebelum melancarkan
Perang Aceh Kedua mengaktifkan kembali Jendral van Swieten yang sudah
pensiun? Siapa yang tidak pernah mendengar bertahun-tahun kemudian,
setelah Perang Aceh yang kesekian-kalinya, cerita Jendral Van Heutz
tentang para serdadu KNIL yang runtuh semangatnya, namun kemudian
terinspirasi oleh pemikiran Snouck Hurgronje, seorang Belanda yang
mendalami Islam, maka semangat bertempur para serdadu itu bangkit
kembali? Yang dengan tenang mengejar dan membuat kaget orang-orang Aceh
di gunung-gunung dengan senjata modern, klewang dan taktik anti-gerilya
yang baru.
Van Heutsz yang menangkap orang Aceh yang pemberani dan pecinta
kemerdekaan, pertama-tama kakinya dulu, kemudian lehernya dan dengan
hati-hati dipukulnya lalu kemudian mencoba mengambil hati mereka.
Terakhir, siapa yang tidak mengenal –saya hanya menyebut satu nama saja
sementara ini – Van Daalen yang kejam, seorang militer yang memandang
rendah pribumi.
Pada aksi kontra terorisnya, kekejaman dan kesadisan bukan hanya
sesekali tetapi sistematis. Sebagaimana yang ditulis seorang polisi
militer dengan nama samaran ’Wekker’ – yang pernah dipermalukan oleh Van
Daalen – pada tahun 1907 melalui 17 artikel di koran ’De Avondpost’
(Koran Malam) yang terbit di Den Haag ,” para tahanan dibunuh (sebagai
pelajaran lalu jasad mereka dijajarkan), kaum wanita dan anak-anak
ditembak, para pemberi informasi yang ragu-ragu disiksa, para sandera
disekap dalam kurungan, rumah tinggal, mesjid dan kampung-kampung
dibakar habis.” (1)
Sesudah Van Heutsz diangkat menjadi gubernur jendral bersama dengan
komandan militer Belanda saat itu atas perintah Menteri di Den Haag,
maka kritik di parlemen pun mereda. Van Daalen dibebaskan dari segala
tuduhan (harusnya diadili dulu oleh pihak yang netral). Angkat topi.
Nama-nama para pemimpin besar Aceh saat itu seperti Tiro, Panglima
Polim, Teuku Umar dan istrinya yang penuh semangat perjuangan, Cut Nya
Dien, saya rasa tidak perlu dipertanyakan lagi. Ambil contohnya Teuku
Umar. Pada awalnya beliau membiarkan dirinya didekati oleh Belanda,
mendapat titel yang baik dan ribuan prajurit Aceh di bawah komandonya
dilatih dan dipersenjatai oleh Belanda yang ’tidak beragama’. Setelah
itu beliau menyeberang ke kubu Aceh, musuh Belanda. Di mata penjajah
tindakannya dianggap sebagai sebuah pengkhianatan besar.
Tetapi orang Aceh yang bertelanjang kaki menilainya tidak demikian.
Di mata mereka, Belanda terperosok dalam perangkap Teuku Umar. Janda
Teuku Umar, Cut Nya Dien, juga mempunyai semangat berjuang yang
berkobar. Dengarlah bagaimana beliau mengimbau agar rakyat Aceh berjuang
melawan penjajah, ”Rakyatku, orang-orang Aceh, ingatlah ini, jangan
pernah lupakan! Mereka menentang Allah dan membakar Mesjid Raya (di
Kutaraja)! Jangan pernah lupakan dan jangan pernah memaafkan para kafir
Belanda!! Perlawanan Aceh tidak hanya dalam kata-kata.” (2)
Tentu saja di Belanda ada sekitar 44 atau 444 orang Belanda asli,
Indo, para pensiunan KNIL di Bronbeek. Belum lagi orang Maluku, anggota
Yayasan Kerkhof Pecut, dosen universitas yang muda dan tua, para pelajar
asal Aceh, kelompok pecinta literatur Indische Letteren, keturunan para
pegawai pemerintah Belanda dan para pengajar sekolah dasar Eropa di
Hindia-Belanda, dulu, yang tahu soal Perang Aceh. Kadang mereka malah
sangat banyak tahu hingga membuat kita terkejut. Tetapi lebih dari itu
saya kira hanya tinggal sejarah. Menyedihkan.
Dari mereka yang menganggap Perang Aceh sudah mati, kita tidak
mendengar lagi kisah tentang perang ini. Logis. Yang lainnya, ”bagi
mereka yang menganggap Perang Aceh belum sepenuhnya mati, masih sesekali
menulis, bahwa ’peringatan tentang Perang Aceh tampaknya sudah mati,
sebuah masa lalu yang sudah mati,” (3)
Mereka tidak menyesalinya sama sekali, karena kita tidak bisa belajar
apa-apa lagi dari perang ini, begitu pendapat mereka. Sementara yang
setengahnya lagi, para ahli literatur dan sejarawan, dengan fakta-fakta
kosong juga telah membuat perang ini seolah-olah mati.
Contohnya adalah Menke de Groot. Untuk merehabilitasi nama Kapten
Borel yang memimpin Pasukan Hindia-Belanda dan membebaskan tuduhan
terhadap Jendral Swieten, pemimpin KNIL yang dituduh bersalah melakukan
pembakaran dan pembunuhan massal, maka pada tahun 2009 beliau menulis
sebuah buku tebal tentang Perang Aceh Kedua membahas kedua pemimpin
tersebut (4).
Bagaimana orang dapat percaya padanya, diperlukan penjelasan.
’Hati-hati dengan pendapat sembrono orang-orang seperti Multatuli dengan
pemikiran filantropisnya yang menyesatkan tentang Perang Aceh’,
demikian serunya. Sayang sekali bahwa de Groot dalam buku edisi cetak
ulangnya hanya menyebut ’lembaga militer’dalam Perang Aceh Kedua.
Padahal Perang Aceh Pertama, Ketiga dan Keempat sama sekali tidak
identik dengan Perang Aceh Kedua.
Akan sangat menarik sekali jika de Groot menempatkan Perang Aceh
’nya’ dalam konteks kolonial, dengan sudut pandang saat itu dan sudut
pandang saat ini. Sayang sekali beliau tidak menangkap kesempatan itu.
Berbagai lagu rakyat Belanda menunjukkan bagaimana pada saat
terjadinya Perang Aceh kita melihat diri kita sendiri sebagai penjajah
Belanda yang beradab dan Aceh yang barbar, serta bagaimana beruntungnya
saat itu bagi Aceh karena kita ingin ’menciptakan perdamaian’ di sana.
Paasman mencatat, banyak tentang lagu-lagu tersebut adalah lagu untuk
membangkitkan semangat, lagu tentang keadilan, lagu tentang polisi
militer, lagu perpisahan, lagu peringatan, lagu tentang pahlawan, lagu
jalanan, lagu cinta mendayu-dayu dan lagu-lagu kabaret (5).. Contohnya
lagu Militair Atchinlied karya P Haagsma, (6)
“Naar Atchin, de Kraton! Daar zetelt het kwaad.
Schuilt ontrouw, broeit zeeroof en smeulde verraad;
Roeit uit dat geboredsel, verneder die klant;
Met Nederlands driekleur ‘beschaving’geplant.”
Schuilt ontrouw, broeit zeeroof en smeulde verraad;
Roeit uit dat geboredsel, verneder die klant;
Met Nederlands driekleur ‘beschaving’geplant.”
Ke Aceh, Kerajaan! Disanalah bersarangnya kejahatan.
Sembunyikan kepalsuan, sarang bajak laut dan penuh pengkhianatan; Teriakilah kekacauan itu, permalukanlah;
Dengan ’peradaban’Belanda tiga warna.
Sembunyikan kepalsuan, sarang bajak laut dan penuh pengkhianatan; Teriakilah kekacauan itu, permalukanlah;
Dengan ’peradaban’Belanda tiga warna.
Setiap pembunuh muda menyanyikan lagu jalanan yang populer ini, (7)
En Teuku Oemar, die moet hangen;
Aan een touw, aan een touw,
Teuku Oemar en zjn vrouw.
Aan een touw, aan een touw,
Teuku Oemar en zjn vrouw.
Dan Teuku Umar, harus digantung;
Dengan tali, dengan tali,
Teuku Umar dan istrinya.
Dengan tali, dengan tali,
Teuku Umar dan istrinya.
Para pahlawan Hindia-Belanda yang gagah berani pun tak dilupakan, (8)
Wie kent er niet die brave zielen
Die aan het verre Atjehstrand
Al voor de eer van Nederland vielen
‘t Rood, Wit, Blauw in hun verstijfde hand?
We zullen hunnen assche eeren, wreken,
En waar ik ga of sta of zit, zal ik hun naam met eerbied spreken Want dat waren jongens van Jan de Witt.
Die aan het verre Atjehstrand
Al voor de eer van Nederland vielen
‘t Rood, Wit, Blauw in hun verstijfde hand?
We zullen hunnen assche eeren, wreken,
En waar ik ga of sta of zit, zal ik hun naam met eerbied spreken Want dat waren jongens van Jan de Witt.
Siapa yang tidak kenal jiwa-jiwa yang berani
Yang berjuang di pantai Aceh yang jauh
Gugur demi kehormatan Belanda
Warna merah, putih dan biru di tangan mereka yang sudah kaku? Kita akan menghormati dan membela jasad mereka,
Dimanapun aku berada, berdiri atau duduk, aku akan menyebut nama mereka dengan penuh hormat.
Yang berjuang di pantai Aceh yang jauh
Gugur demi kehormatan Belanda
Warna merah, putih dan biru di tangan mereka yang sudah kaku? Kita akan menghormati dan membela jasad mereka,
Dimanapun aku berada, berdiri atau duduk, aku akan menyebut nama mereka dengan penuh hormat.
Karena mereka adalah para pemuda Jan de Witt.
Kumpulan puisi yang sesungguhnya untuk orang dewasa. Puisi bertema
kepahlawanan yang benar-benar khas Belanda, termasuk lagu pengantar
tidur tentang Perang Aceh, sejauh yang saya tahu belum pernah ditulis.
Makam massal dari tujuh tentara Belanda/Eropa dan 16 tentara KNIL asal Ambon, Menado dan Jawa di Bakongan (Aceh Barat). Mereka tewas dalam serangan klewang pada 12 Agustus 1905. |
Tentu saja ada juga suara-suara yang kritis tentang Perang Aceh, di
antaranya dari Multatuli yang sudah kita kenal, yang tanpa basa-basi
menulis sebuah surat ‘kepada Raja’ sebagai berikut, ”Gubernur Jendral
Anda (James Loudon-Red) saat ini berada pada posisi untuk memaksakan
kehendaknya dengan mengumandangkan perang pada Sultan Aceh, dengan
alasan yang dibuat-buat, seolah-olah sebagai suatu tindakan yang wajar
dilakukan, dengan tuntutan agar Sultan Aceh menyerahkan kedaulatannya.
Hal ini sama sekali tidak terhormat, tidak bermartabat, tidak dapat
dipahami.” (9)
Saya juga sudah menyebut tentang ’Wekker’, seorang polisi menulis 17
artikel kritis di koran Den Haag ’De Avondpost’. Artikel-artikel yang
menimbulkan keresahan di Belanda, setidaknya di parlemen. Namun
persoalan ini dianggap tidak ada dan tidak dicari pemecahannya. Para
penulis seperti Zentgraff sebelum Perang Dunia Kedua (10) dan van ’t
Veer (11) dan Bossenbroek (12) tidak menghargai keterlibatan KNIL dalam
Perang Aceh. Salah satu kutipannya, ”Kampung Kuto Reh yang diserang, 11
Juni 1904. Dua Belanda tewas. Aceh kehilangan 313 pria, 189 wanita, 59
anak-anak.”
Komandan Van Daalen memerintahkan agar jenazah yang bergelimpangan
difoto. Seorang Letnan bernama Colijn yang beragama Kristen menulis
kepada istrinya dalam Bahasa Belanda sehari-hari, ”Pekerjaan yang tidak
menyenangkan tetapi tidak ada pilihan lain. Para serdadu berpesta
menghujani mereka dengan bayonet.”.
Setelah tahun 1945 muncul perhatian dari berbagai pihak tentang
Perang Aceh. Misalnya Madelon Székely-Lulofs yang menulis roman tentang
pejuang Aceh Cut Nya Dien (14). Atau roman yang menggugah berjudul
Wisselkind yang terbit tahun 1998 yang ditulis Basha Fabers (15). Paul
van ’t Veers dengan karyanya yang menawan berjudul De Atjeh-oorlog
(Perang Aceh) tahun 1869 (16). Atau buku De verbeelding van een
koloniale oorlog (Gambaran sebuah perang kolonial) tahun 2001 yang
disusun oleh Liesbeth Dolk (17) berisi tulisan sepuluh penulis yang
menggambarkan Aceh melalui pers, literatur, seni dan film.
Perang Aceh Kedua pecah di Pantai Aceh pada Desember 1873 |
Ingatan tentang Perang Aceh sesudah 2001 tidak berhenti begitu saja,
oleh sebab itu perlu ditelaah aktualisasinya. Pada tahun 2004 muncul
skripsi doktoral yang tidak begitu dikenal yang ditulis oleh Lucia
Hogervorst, van etnocentrisme naar cultuurrelativisme (18) (Dari
Etnosentrisme ke Relativitas Budaya). Isinya mengenai pendapat umum di
Belanda setelah tahun 1945 tentang sejarah kolonial. Beliau mendasarkan
penelitiannya antara lain pada buku sejarah di sekolah dasar dan sekolah
menengah pertama pada tahun 1950-an, 70-an dan 90-an tentang Perang
Aceh.
Setelah itu ia mengukuhkan pendapatnya sekali lagi melalui tulisannya
De (niet te) vergeten oorlog in Atjeh (Perang di Aceh yang (tidak
untuk) Dilupakan) melalui penerbitan khusus pada tahun 2010 untuk
memperingati ’65 tahun berakhirnya Perang Dunia Kedua’(19). Pendidikan
Protestan pada tahun 1950-an menceritakan kisah tentang seorang Sultan
Aceh (seorang bangsawan yang berdaulat – Red) yang tidak mau tunduk pada
Pemerintah Belanda dan masyarakat Aceh yang dipandang sebagai para
bajak laut yang beringas, oleh sebab itu mereka harus dikoreksi.
Maka anggapan ‘harus dikoreksi’ inilah yang menjadi alasan mengapa
Belanda menduduki Aceh (‘menduduki’ bagi Aceh sama dengan menyerang dan
menjajah- Red). Buku sejarah di sekolah Katolik nyaris tidak memberi
informasi tentang Perang Aceh itu sendiri tetapi menceritakan ratusan
kali tentang Pendeta Verbraak yang bertahun-tahun bertugas menangani
‘jiwa-jiwa damai para pemberani’.
Buku itu memuji perjuangan para serdadu Pasukan Hindia-Belanda yang
pemberani. Dengan perjuangan berat para serdadu Belanda berhasil
mengembalikan ketentraman di Aceh sementara orang Aceh sendiri
’sesekali’ masih melawan Belanda (‘mengembalikan ketentraman’seolah-olah
Aceh yang pribumi sudah secara sah menjadi bagian dari Kerajaan
Belanda- Red).
Tetapi murid sekolah sebenarnya tidak belajar bagaimana Belanda
selama bertahun-tahun menjadi bagian dari petualangan keserakahan,
bersaing dan berseteru dengan sesama negara Eropa lain untuk mencari
keuntungan dan kekayaan di belahan dunia lain yang jauh dan belum
dikenal. Orang Belanda yang baik harus mencari keuntungan, bukan dengan
jalan kebaikan tetapi dengan menimbulkan banyak kerusakan. Maka Aceh pun
menjadi korban dari keserakahan itu.
Kepada rakyat Belanda dikatakan bahwa pendudukan dilakukan untuk
mengakhiri bajak laut di Aceh. Kepada Amerika dan negara Eropa lain
menurut kabar burung (yang tidak diuji kebenarannya) dikatakan bahwa
tindakan itu dilakukan untuk mempersiapkan kesepakatan yang
menguntungkan dengan Sultan Aceh dan untuk mengambil alih wilayah
kekuasaannya.
Maka Gubernur Jendral di Batavia secara tergesa mengumumkan perang
dengan Sultan Aceh dan mendaratlah pasukan ekspedisi Belanda pada
tanggal 8 April 1873 di Aceh. Tetapi ketika Jendral Belanda, Köhler,
yang berkuasa tewas terbunuh di bawah pohon geulumpang dekat Masjid Raya
di Kutaraja maka tewas pula kekuasaannya dan ekspedisi pertama itu pun
gagal.
Pada tahun 1874 terjadilah Perang Aceh Kedua di bawah pimpinan
Jendral van Swieten yang pensiun namun diaktifkan kembali. Ketika
kerajaan milik Sultan Aceh diduduki, dengan penuh kemenangan beliau
mengirim pesan ke Belanda ‘kerajaan sudah kita duduki’, tetapi yang
sebenarnya terjadi adalah kerajaan itu kosong melompong dan
burung-burung pun beterbangan dari dalamnya.
Sesudah itu diikuti oleh tahun-tahun penuh kritik terbuka dari para
bawahan di antara yang menonjol adalah Kapten Borel. Muncul lagi seorang
jenderal baru, kali ini dengan taktik pertahanan 16 benteng di sekitar
Kutaraja. Mereka bertahan selama bertahun-tahun dengan cara bersembunyi
di benteng-benteng tersebut, demikian menurut Snouck Hurgronje.
Kemudian muncul Jendral Karel van der Heijden, alias Kareltje Eénoog
(Karel Bermata Satu), setelah beliau kehilangan satu matanya dalam
peperangan. Taktiknya adalah ‘hukuman sebagai pelajaran’, dengan kata
lain ribuan orang Aceh dibunuh dan ratusan kampung di Aceh habis
dibakar, tetapi kemenangan perang tetap tidak tercapai. Kemudian diikuti
oleh Jendral Van Heutsz yang kali ini mendapat giliran. Terinspirasi
oleh visi spesialis Islam asal Belanda, Snouck Hurgronje, beliau
menjalankan taktik aksi kontra gerilya yang bergerak ofensif secara
berkala ke pedalaman Aceh yang bergunung-gunung, yang untuk beberapa
waktu lamanya belum terjamah manusia.
Anda bisa membayangkan Van Heutsz, dengan tangan di belakang, perut
buncit, memberi kesan sebagai seorang militer superior yang arogan.
Tetapi di bawah kepemimpinan penerus Van Heutsz, yaitu Van Daalen, baru
terjadi perubahan. Selama ‘ekspedisi’nya ke pedalaman Gayo dan Alas,
semua isi kampung dibunuh. Van Daalen dan pasukannya memerintahkan agar
apa yang mereka lakukan diabadikan melalui foto, dengan penuh
kebanggaan, yaitu tumpukan mayat dengan seorang anak lelaki yang
kebetulan selamat dari huru-hara itu disampingnya.
Para pejabat Belanda yang dipermalukan oleh Van Daalen menulis secara
anonim kenyataan yang mencengangkan itu di koran-koran Belanda. Para
anggota Parlemen yang terkejut (di antaranya Victor de Stuers)
mengkritik bahwa ’Pemerintah menyebutnya ekskursi, tetapi saya
menyebutnya sejarah pembunuhan’. Koran Het Volk menulis pada tanggal 17
Juli 1904 ‘sebuah negara yang beradab dan berperikemanusiaan tidak
seharusnya menyanjung seseorang (Van Heutsz) yang telah menumpahkan
darah’.
Maka dalam sekejap berubahlah gambaran tentang negara Belanda yang
beradab yang bukan melancarkan perang melainkan pasifikasi dan
mengembalikan ketenangan serta menegakkan peraturan, menjadi negara
Belanda yang berkhianat, tidak dapat dipercaya, terbius oleh opium dan
seks. Tiba-tiba orang-orang Belanda bukan pahlawan lagi melainkan para
pembunuh massal.
Sejak tahun 1970-an buku-buku sejarah tidak lagi menampilkan
kisah-kisah kepahlawanan melainkan informasi berdasarkan fakta yang
ditulis secara singkat, contohnya ’setelah perjuangan berdarah selama
bertahun-tahun maka Aceh berhasil dikuasai. Banyak korban pribumi yang
jatuh’. Pada tahun 1990-an ditulis demikian ’hingga tahun 1900 orang
Belanda hanya ingin mencari untung di Indonesia.
Lalu pada tahun 1873 orang Belanda ingin menguasai Aceh karena di
sana banyak sumber minyak dan gas sehingga orang Belanda harus
melancarkan perang. Orang Aceh melakukan perlawanan’ (yang benar adalah
orang Aceh yang pecinta kemerdekaan ingin tetap merdeka, maka dengan
segala kekuatan mereka menolak agresi Belanda. Itu berbeda artinya
dengan melakukan perlawanan- Red).
Ketika akhirnya orang Aceh berhenti melawan, hal itu bukan menyerah
seperti yang dipikirkan Belanda, tetapi mereka ’mencuri’ waktu untuk
kelak bersama-sama dapat bangkit lagi dan mengusir Belanda dari Kutaraja
sesaat sebelum Jepang menyerang Aceh pada bulan Maret 1942. Sebagaimana
yang dicatat sejarah.
Pameran Van heldendaad tot schandvlek – het Nederlands koloniaal
verleden in de geschiedenisboekjes (Dari tindakan patriotik menjadi noda
yang memalukan – Penjajahan Belanda di masa lalu dalam buku sejarah) di
Museum Pendidikan Nasional di Rotterdam tahun 2005 mendapat inspirasi
dari skripsi doktoral Lucia Hogervorst. Pameran yang sama pada tahun
2006 digelar di Museum Bronbeek di Arnhem dengan menggunakan judul Het
Nederlands koloniaal verleden in de geschiedenisboekjes (Pejajahan
Belanda di Masa Lalu dalam Buku Sejarah).
Judul Van heldendaad tot schandvlek (Dari tindakan patriotik menjadi
noda yang memalukan) tampaknya tidak dapat diterima di Arnhem karena
dianggap terlalu peka untuk para pejuang Bronbeek. Kepekaan yang sama
juga tercermin melalui komentar-komentar pers tentang pameran di
Rotterdam seperti dalam koran NRC dan Nederlands Dagblad yang berkiblat
Protestan
Bagaimana di Aceh? Pada awalnya Aceh bersikap antusias setelah Perang
Dunia Kedua dengan dinyatakannya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada
tanggal 17 Agustus 1945. Tetapi tak lama kemudian Aceh segera menyadari
munculnya kolonialisme Jakarta. Maka dimulai lagi perjuangan kemerdekaan
yang sengit selama bertahun-tahun. Tiba-tiba terjadi tsunami tahun
2004, sebuah tragedi di luar batas kemanusiaan.
Tetapi Perang Kolonial Belanda di Aceh tampaknya berhasil bertahan
dari bencana itu. Puisi-puisi kepahlawanan masih ditemukan (20). Contoh
yang menarik misalnya Hikayat Perang Sabil dari Abad ke-19. Hikayat
bercerita tentang perang mempertahan diri yang terjadi di Aceh melawan
penjajah Belanda yang agresif dan dengan cepat menarik simpati orang
Aceh yang beragama Islam. Pesan Hikayat yang kuat sangat sesuai dengan
jiwa perjuangan rakyat Aceh.
Hikayat menyerukan agar rakyat Aceh melancarkan perang jihad melawan
orang Belanda yang tidak beragama. Di bawah kekuasaan Belanda yang tidak
beragama maka rakyat Aceh tidak dapat lagi menjalankan keyakinan
mereka. Pembunuhan dan kematian akan terjadi di mana-mana. Keyakinan
mereka, Islam, akan diancam oleh penjajah. Adat istiadat mereka juga
akan dilarang. Belum lagi persoalan perilaku para serdadu Belanda yang
tidak bermoral, pemerkosaan dan lain-lain.
Setiap orang Aceh, setiap pria dan wanita dan anak-anak dengan
demikian harus berpartisipasi dalam perjuangan melawan penjajah. Perang
melawan Belanda adalah perang seluruh rakyat. Imbalannya, surga. Jika
tidak berpartisipasi maka hukumannya adalah api neraka. Satu hari
bertempur melawan Belanda mendapat pahala jauh lebih besar daripada
seribu hari naik haji di Mekah. Jihad adalah cara kematian yang
terindah. Karena setiap orang ikut bertempur maka sulit untuk memisahkan
para pejuang dengan yang bukan pejuang.
Tetapi ketika orang-orang Belanda setelah perang selama 30 atau 40
tahun menjadi semakin kuat dan tampaknya dekat dengan kemenangan, maka
Aceh menyerahkan diri pada Belanda, namun dengan syarat bahwa
orang-orang Belanda pertama-tama harus mengakui Islam sebagai agama
mereka. Jika Aceh menyerahkan diri, tidak berarti sebagaimana yang kita
pahami sebelumnya bahwa mereka juga rela dikuasai. Penyerahan diri itu
hanya merupakan taktik untuk membenahi kekuatan.
Ini sebagian dari puisi kepahlawanan Aceh yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Belanda: (21)
Daarom, teungkoes, weest niet nalatig.
Volbrengt de godsdienstplichten, o broeders.
O, vrienden, er is geen enkele goede daad,
Die het oorlogvoeren overtreft.
De Heilige Oorlog is u als plicht opgelegd,
Begrijpt dat goed, o broeders!
Eerst komt de geloofsbelijdenis, dan de sembahjang
(dagelijks 5x bidden-Red),
Ten derde het oorlogvoeren tegen de Hollanders.
Volbrengt de godsdienstplichten, o broeders.
O, vrienden, er is geen enkele goede daad,
Die het oorlogvoeren overtreft.
De Heilige Oorlog is u als plicht opgelegd,
Begrijpt dat goed, o broeders!
Eerst komt de geloofsbelijdenis, dan de sembahjang
(dagelijks 5x bidden-Red),
Ten derde het oorlogvoeren tegen de Hollanders.
Oleh sebab itu, tengku, jangan tidak peduli
Kerjakanlah kewajiban beragama, o saudaraku
Oh, kawan, tidak ada satu pun kebaikan,
Yang melebihi perjuangan dalam peperangan
Perang jihad adalah kewajibanmu
Pahamilah hal itu, o saudaraku!
Pertama membaca syahadat, kemudian shalat,
Ketiga berperang melawan Belanda.
Kerjakanlah kewajiban beragama, o saudaraku
Oh, kawan, tidak ada satu pun kebaikan,
Yang melebihi perjuangan dalam peperangan
Perang jihad adalah kewajibanmu
Pahamilah hal itu, o saudaraku!
Pertama membaca syahadat, kemudian shalat,
Ketiga berperang melawan Belanda.
Sementara Teuku Ibrahim Lamnga bertempur melawan Belanda, sang istri,
Cut Nya Dien, menyanyikan lagu pengantar tidur untuk bayi mereka: (22)
Hé, mijn kleine jongen, mijn beminde zoon, je bent een man,
Je vader, je grootvader zijn ook mannen, toon je manlijkheid, De Christenhonden willen ons land bezetten,
Zij willen onze godsdienst inruilen coor hun godsdienst,
De godsdienst van de christenhonden.
Verdedig de rechten van ons Atjenees volk,
Verdedig onze godsdienst, de Islamitische godsdienst.
O, mijn zoon, volg de voetsporen van je vader,
Teuku Ibarhim Lamnga, nu hij niet thuis is.
Denk maar niet dat je vader met z’n vrienden op stap is
Om de komst van de Christenhonden te vieren,
Hij is op weg om hen te verjagen uit het land Atjeh.
Je vader, je grootvader zijn ook mannen, toon je manlijkheid, De Christenhonden willen ons land bezetten,
Zij willen onze godsdienst inruilen coor hun godsdienst,
De godsdienst van de christenhonden.
Verdedig de rechten van ons Atjenees volk,
Verdedig onze godsdienst, de Islamitische godsdienst.
O, mijn zoon, volg de voetsporen van je vader,
Teuku Ibarhim Lamnga, nu hij niet thuis is.
Denk maar niet dat je vader met z’n vrienden op stap is
Om de komst van de Christenhonden te vieren,
Hij is op weg om hen te verjagen uit het land Atjeh.
Hai, anak lelakiku, anak lelaki kesayanganku, kau seorang lelaki, Ayahmu, kakekmu juga laki-laki, tunjukkan keperkasaanmu,
Anjing-anjing Kristen ingin menguasai negara kita,
Mereka ingin menukar agama kita dengan agama mereka,
Agama para anjing Kristen.
Belalah hak rakyat Aceh,
Belalah agama kita, agama Islam.
O, anak lelakiku, ikutilah jejak ayahmu,
Teuku Ibrahim Lamnga, yang sekarang tidak di rumah,
Jangan kira ayahmu sedang bersenang-senang dengan temannya,
Untuk merayakan kedatangan para anjing Kristen,
Beliau pergi untuk mengusir mereka dari tanah Aceh.
Anjing-anjing Kristen ingin menguasai negara kita,
Mereka ingin menukar agama kita dengan agama mereka,
Agama para anjing Kristen.
Belalah hak rakyat Aceh,
Belalah agama kita, agama Islam.
O, anak lelakiku, ikutilah jejak ayahmu,
Teuku Ibrahim Lamnga, yang sekarang tidak di rumah,
Jangan kira ayahmu sedang bersenang-senang dengan temannya,
Untuk merayakan kedatangan para anjing Kristen,
Beliau pergi untuk mengusir mereka dari tanah Aceh.
Sampai sekarang hikayat masih tetap aktif dihidupkan. Pada tahun 2007
terbit versi kartun kisah hikayat untuk anak-anak sekolah di Aceh.
Sampai sekarang para ibu juga masih menyanyikan lagu pengantar tidur
untuk bayi-bayi mereka. Lagu-lagu dodaidi mengajarkan pada anak-anak
Aceh agar kelak harus membantu para pejuang Aceh. Ini salah satu lagu
dodaidi: (23)
Tiada Tuhan selain Allah
Rasul telah berpulang
Kembali ke pangkuan Allah
Beliau meninggalkan Al Qur’an untuk kita
Do idi ku doda idang
Tali layang-layang di udara telah putus
Jadilah anak yang kuat, oh Banta Seudang
Ikutlah bertempur dalam peperangan, selamatkan Aceh.
Rasul telah berpulang
Kembali ke pangkuan Allah
Beliau meninggalkan Al Qur’an untuk kita
Do idi ku doda idang
Tali layang-layang di udara telah putus
Jadilah anak yang kuat, oh Banta Seudang
Ikutlah bertempur dalam peperangan, selamatkan Aceh.
Apakah Perang Aceh yang di Aceh disebut sebagai Perang Penjajahan
Belanda masih diingat? Mehmet Ozay membantu saya pada Januari 2010
mewawancarai lebih dari 25 murid sekolah, mahasiswa dan dosen di Banda
Aceh (24). Bagaimana mereka mengenang Perang Aceh?
”Jakarta” tidak pernah mempunyai perhatian terhadap sejarah daerah,
tetapi memusatkan perhatian hanya pada sejarah Jawa dan hanya mengakui
pahlawan-pahlawan nasional yang di dalamnya termasuk Teuku Umar dan Cut
Nya Dien. Bagi ”Jakarta”, Aceh merupakan hal yang peka. Generasi muda
Aceh tidak diperkenankan untuk menjadi patriot Aceh.
Oleh sebab itu seberapa jauh pelajaran tentang Perang Penjajahan
Belanda diberikan di sekolah di Aceh sangat bergantung pada pengajarnya.
Sejak penandatanganan Kesepakatan Helsinki antara Aceh dan ’Jakarta’
tahun 2005 maka ketertarikan secara terbuka di Aceh terhadap Perang
Penjajahan Belanda semakin meningkat. Para kakek tanpa rasa takut dapat
menceritakan kembali kisah perjuangan mereka kepada cucu-cucu. Para
pengajar sekolah dasar dan sekolah menengah menceritakan dalam pelajaran
sejarah bagaimana rakyat Aceh dengan gagah berani melawan penjajah
Belanda hanya dengan bersenjatakan bambu, rencong dan klewang.
Di sekolah menengah atas, tugas mata pelajaran Imperialisme dan
Kolonialisme di Indonesia merujuk pada perang tersebut. Di tingkat
universitas di jurusan sejarah diperbandingkan visi para sejarawan Aceh
dengan visi para sejarawan Belanda. Bagaimana Jendral Belanda Köhler
pada Perang Aceh Pertama tahun 1873 dibunuh oleh rakyat Aceh di bawah
pohon geulumpang dekat Mesjid Raya di Kutaraja sangat populer untuk
dibahas.
Dan bagaimana Teuku Umar mengelabui Belanda juga dengan sendirinya
berada dalam urutan teratas pembahasan. Mereka selalu memandang ahli
Islam asal Belanda bernama Snouck Hurgronje dengan pengetahuannya
tentang Aceh sebagai pengkhianat. Sebagaimana Belanda mengenal Van
Heutsz, para murid dan mahasiswa Aceh juga mengenal para pahlawan
mereka.
Mereka telah melihat pameran foto tentang Perang Belanda di Museum
Aceh dan mereka juga mengenal Hikayat Perang Sabil. Dan dengan wisata
sekolah ke Makam Belanda Kerkhof di Banda Aceh, makam militer Belanda
terbesar di Aceh tempat bersemayam sekitar 2.200 militer KNIL, mereka
melihat dengan mata kepala sendiri bahwa Perang Belanda di Aceh bagi
Belanda sendiri bukan hal yang ringan.
Di makam ini mereka juga melihat nama-nama asal Ambon, Menado dan
Jawa yang menjadi bukti betapa kreatifnya Belanda untuk saling mengadu
domba orang Indonesia antara satu dengan lainnya. Sementara Jawa sudah
beberapa ratus tahun menjadi jajahan Belanda, maka Aceh setelah 70 tahun
berperang sebenarnya belum benar-benar berhasil dikuasai oleh Belanda.
Hal ini sampai sekarang masih diceritakan oleh orang Aceh dengan
penuh kebanggaan. Pastilah bukan tanpa sebab bahwa orang Aceh masih
mengingat Perang Penjajahan Belanda yang terjadi antara 70 hingga 140
tahun yang lalu di samping tragedi tsunami tahun 2004. Kursus tambahan
bagi para pengajar tentang perang tersebut akan dilakukan di masa depan
dan sebuah pameran foto besar-besaran pada tahun 2011 tentang perang
tersebut juga sedang dalam tahap persiapan.
Perang Dunia Kedua dan pembunuhan Yahudi oleh Nazi memang sudah
selayaknya mendapat tempat dalam pendidikan sekolah kita di Belanda.
Kedua subyek sejarah tersebut beruntung mendapat tempat yang dominan
dalam otak generasi muda kita. Tetapi hal itu juga sayangnya menimbulkan
beberapa dampak negatif. Kapasitas otak relatif kecil dan kita khawatir
tidak ada tempat lagi untuk subyek sejarah yang penting seperti Perang
Aceh yang berlangsung selama 30, 40 atau bahkan 70 tahun. Juga terlalu
sedikit, sangat sedikit perhatian yang diberikan para dosen untuk
episode yang sangat berarti ini dalam sejarah kita.
Akibatnya adalah ingatan yang semakin terpinggirkan tentang perang
ini. Hal ini diperburuk oleh banyaknya monumen kenangan dan peringatan
di negara kita tentang Perang Dunia Kedua namun sangat sedikit sekali
tentang Perang Aceh. Monumen dan tempat-tempat bersejarah di Aceh buat
kita jauh letaknya dan dengan demikian juga tidak mudah untuk dikunjungi
secara massal dari negara kita.
Begitu banyak monumen bertema Perang Dunia Kedua namun monumen Perang
Aceh sampai sekarang nyaris tidak mendapat perhatian. Tampaknya ada
kecenderungan kuat bahwa kecintaan kita pada kemerdekaan hanya berlaku
untuk diri kita sendiri. Orang lain selalu salah dan harus merasa malu
jika mereka mengancam dan merebut kemerdekaan kita, tetapi jika kita
merampas kemerdekaan orang lain (misalnya rakyat Aceh), maka kita dengan
sendirinya segera menerapkan standar keadilan yang berbeda atau kita
mengalihkan perhatian ke arah lain.
Untungnya hal itu akan segera berakhir karena sejak tahun ini
perubahan akan terjadi. Sekarang Komite 4 & 5 Mei (Komite di Belanda
untuk memperingati Hari Kemerdekaan Belanda dari Pendudukan Jerman)
bukan hanya memikirkan tentang kemerdekaan kita tetapi juga kemerdekaan
semua orang di seluruh dunia. Juga rakyat Aceh sekarang (dan juga pada
masa lalu jika boleh saya tambahkan).
Bicara tentang monumen, kita pernah memiliki monumen Van Heutsz di
Amsterdam. Tetapi karena Van Heutsz merupakan simbol perdebatan (Peter
van Zonneveld telah merumuskannya dengan baik) (25), maka nama monumen
tersebut diganti menjadi Monumen Indïe-Nederland (Indonesia-Belanda) dan
berubah maknanya menjadi kenang-kenangan tentang hubungan antara
Belanda dan Indonesia pada masa kolonial.
Tetapi monumen itu tidak terfokus pada Perang Aceh. Juga ketika
monumen itu masih bernama Monumen Van Heutsz, nyaris tidak seorang pun
yang tahu bahwa itu adalah monumen Aceh milik kita. Van Heutsz adalah
komandan militer di Aceh dan Gubernur Aceh antara tahun 1890-1904.
Perang Aceh dimulai tahun 1873 dan berlangsung hingga 1942 (ada berbagai
pendapat tentang hal ini).
Jadi ada Perang Aceh sebelum dan sesudah Van Heutsz. Sekitar empat
atau lima Perang Aceh seluruhnya, setiap kali dengan komandan militer
yang berbeda. Sudah saatnya dibangun sebuah monumen yang khusus untuk
memperingati Perang Aceh, yang dimulai sejak invasi di Aceh tahun 1873
dan berakhir dengan perlawanan seluruh rakyat Aceh hingga keluarnya
Belanda dari Aceh tahun 1942. Sebuah monumen tentang agresi dan
pendudukan Belanda serta pembebasan Aceh.
Sebuah monumen yang menggambarkan sisi kemanusiaan dan kebiadaban
Belanda dan Aceh yang terjadi selama masa itu. Kisah-kisah dalam buku
sejarah juga harus lebih kaya, lebih menarik, lebih menghanyutkan, lebih
komunikatif. Tentang Aceh dan Perang Aceh harus disediakan bukan lagi
dana melainkan kreativitas yang informatif. Harus ada film atau serial
televisi yang menarik tentang Perang Aceh yang sungguh-sungguh
menggambarkan daerah dan rakyatnya, yang menggambarkan Aceh seratus
tahun yang lalu sebagaimana aslinya.
Otentik. Menampilkan bukan hanya orang Belanda tetapi juga para
serdadu KNIL asal Ambon, Menado dan Jawa, para pejuang Aceh serta wanita
dan anak-anak. Jadi bukan semacam tokoh karikatur pemberani yang
diromantisasi ala Filipina sebagaimana film NCRV tahun 1996. Aceh dan
Perang Aceh harus dihidupkan kembali. Untungnya pada tahun 2009 het
Indisch Herinneringscentrum (Lembaga untuk memperingati sejarah tentang
Indonesia) atau disebut juga IHCB di Bronbeek dibuka. Pertengahan
Agustus 2010 akan diselenggarakan pameran berjudul Het verhaal van Indië
(Kisah tentang Indonesia) di Bronbeek.
Artinya setelah esai ini selesai ditulis. Apakah IHCB menampilkan
kisah Perang Aceh dengan baik dan pameran tersebut berhasil, saya tidak
dapat menjawabnya saat ini, tetapi saya harap akan demikian. Maka cukup
banyak hal besar yang masih bisa dilakukan. Salah satunya tentu saja
masih harus kita tunggu bagaimana seorang ilmuwan NIOD (Lembaga
Dokumentasi Perang Belanda) bernama Elly Touwen-Nouwsma (26) yang
mencintai ’kebaikan KNIL’ (dan para pahlawannya) (27) menyebut monumen
KNIL, sebuah patung dada Van Heutsz dari perunggu, sebuah bangku dengan
plakat bertuliskan Jendral van der Heijden (atau Kareltje Eénoog) dan
patung tentang Perang Aceh di Taman Bronbeek untuk menggambarkan
’bagaimana seorang Aceh diancam akan dibunuh oleh seorang prajurit KNIL
(yang heroik-Red)’.
Jika Elly-Touwen-Bouwsma merasa gelisah, maka saya ingin menenangkan
beliau. Patung yang sebaliknya juga ada. Patung penembak kanon Belanda
yang gagah berani namun tidak terkenal yang pada peperangan di Mesjid
Raya di Kutaraja digorok lehernya (oleh seorang pejuang Aceh) hingga
jatuh dari tangga dan tewas di tangan teman-temannya (28). Tidak ada
yang menentang sanjungan setinggi langit terhadap para jendral Belanda
dan para serdadu mereka yang heroik dan berusaha menciptakan ketentraman
dan kedamaian, juga tidak ada yang menentang Monumen Van Heutsz yang
bombastis di Amsterdam, yang diresmikan dengan penuh keartistikan.
Jika saja di seberang bekas Monumen Van Heutsz ke arah Amsterdams
Lyceum (Sekolah Menengah Amsterdam) di Valeriusplein sebuah tempat
disediakan untuk sebuah monumen yang mencerminkan harapan, misalnya
patung seorang anak lelaki Aceh yang duduk di bawah kerindangan bambu
sebagai satu-satunya orang yang selamat ketika pembantaian terjadi di
kampungnya di Kuto Rèh tahun 1904. Disebelahnya patung seorang serdadu
KNIL yang besar dan tinggi sebagai latar belakang, mendongak, yaitu
komandan KNIL Van Daalen yang memandang rendah pribumi. Terinspirasi
oleh foto saat itu yang terkenal (29). Amsterdam, masyarakat Amsterdam,
Belanda, niatkanlah bahwa patung tentang harapan itu akan dibangun.
Siapa yang menyelamatkan seorang anak lelaki Aceh, maka menyelamatkan
juga seluruh Aceh (30).
Kita juga seharusnya bersikap jelas dan tidak terlambat menyadari
bahwa kita masih bisa belajar banyak dari Perang Aceh. Belajar untuk
tidak tergesa-gesa dan melakukan persiapan yang baik sebelum memulai
perang. Belajar untuk memeriksa kebenaran dari berita yang kita terima
(Irak hingga Aceh!) Ancaman yang muncul tidak harus selalu diselesaikan
melalui perang (Aceh yang di seberang lautan hingga bajak laut Somalia).
Bahwa orang lain juga mempunyai hak kemerdekaan yang sama dengan
kita. Bahwa kita, orang Belanda, menggunakan standar keadilan ganda
dalam usaha untuk menguasai dan menjajah bangsa lain sebagaimana halnya
musuh dan lawan-lawan kita (Belanda melawan Aceh tahun 1873 hingga
Nazi-Jerman melawan Belanda tahun 1940)-(31). Dan sejak serangan Belanda
ke Aceh tahun 1873, terutama sejak tahun 1890-an ketika Snouck
Hurgronje dan muridnya yang militer yaitu Van Heutsz terlibat maka
semakin jelas bagi pihak Belanda bahwa bertempur dan meraih kemenangan
di Aceh adalah sesuatu yang khusus, lebih daripada menyerang musuh di
lapangan terbuka.
Usaha lebih diarahkan untuk bagaimana caranya mendapat dukungan dari
masyarakat lokal, pegawai pemerintah dan para pemimpin spiritual. Untuk
mempersempit ruang gerak para pejuang Aceh. Untuk diakui bahwa mereka
telah melindungi masyarakat setempat. Untuk membantu tugas-tugas
kepemerintahan. Untuk membangun jembatan dan jalan-jalan, untuk
memperbaiki kampung-kampung, untuk membantu para petani, membangun
mesjid dan ruang-ruang pertemuan masyarakat.
Setelah Irak dan Afghanistan kini Departemen Pertahanan Belanda
mengeluarkan buku panduan doktrin baru yang diterbitkan dengan penuh
kebanggaan, padahal pelajaran berharga yang sama sudah lama ada.
Pengalaman 70 tahun Perang Aceh tidak berarti apa-apa bagi Departemen
Pertahanan.
Sekarang akhir ’Periode Pemerintahan Beatrix’ semakin mendekat, maka
saya ingin menyerukan hal ini pada Sang Ratu: Ratu, akan sangat indah
sekali jika kita bisa berbaik kembali dengan rakyat Aceh, yang sudah
berperang dengan kita begitu lama di masa lalu. Pada tahun 1873 kita
mengumandangkan perang pada Aceh. Tetapi perdamaian dengan Aceh tidak
pernah tercapai. Tidak pernah. Kini tiba waktunya untuk menyatakan
penyesalan kepada Aceh. Permintaan maaf sejujur-jujurnya dari hati yang
terdalam. Ingatan akan Perang Aceh sama sekali belum mati.
(Ditulis oleh Nico Vink, diterjemahkan oleh Hasti Tarekat)
Daftar Rujukan :
Basry, Muhamad Hasan, Perang Kolonial Belanda di Aceh, Banda Aceh, 1990
Bossenbroek, Martin, Geweld als therapie, dalam: Liesbeth Dolk (red.), Atjeh, De verbeelding van een koloniale oorlog, Penerbit Bert Bakker, Amsterdam 2001
Blokker, Jan, Veel geleerd, niets onthouden, dalam: NRC Handelsblad, 4 September 2009
Blokker, Jan, Nog altijd de oorlog van Lou de Jong, dalam: NRC Handelsblad, 14 Mei 2010 Bruinsma J.F.D., De verovering van Atjeh’s Grote Mesigit, 1889
De Groot, Menke, Onze vestiging in Atjeh, Drogredenen zijn geen waarheid, van G.F.W. Borel, Penerbit Eburon Delft, 2009
Hadi, Amirul, Exploring the Acehnese Conception of War and Peace, A Study of Hikayat Prang Sabi, makalah yang dipresentasikan pada First International Conference of Aceh and Indian Ocean Studies, Banda Aceh, 24-27 Pebruari 2007
Hogervorst, Lucie, Van etnocentrisme naar cultuurrelativisme, skripsi doktoral, Rotterdam, 2004
Hogervorst, Lucie, De (niet te) vergeten oorlog in Atjeh, dalam: Penerbitan Khusus 65 jaar na de Tweede Wereldoorlog, 2010
Langeveld, Herman, Dit leven van krachtig handelen. Hendrikus Colijn 1869-1944, Deel 1: 1869-1933, Atjeh, Penerbit Balans, 1998
Marzuki, Marlina, Dodaidi, More than songs of lullaby, Lhokseumawe State Polytechnic, 2009
Paasman, Bert, Wij gaan naar Atchin toe, dalam: Liesbeth Dolk (red.), Atjeh, De verbeelding van een koloniale oorlog, Penerbit Bert Bakker, Amsterdam 2001 Rep, Jelte, Atjeh, Atjeh!, Penerbit de Prom, Baarn 1996
Székely-Lulofs, Madelon, Tjoet Nja Din, Amsterdam 1948, ’s-Gravenhage 1985
Touwen-Bouwsma, Elly, Het Bronbeekpark, dalam: Madelon de Keizer en Marije Plomp (red.), Een open zenuw. Hoe wij ons de Tweede Wereldoorlog herinneren,Penerbit Bert Bakker, Amsterdam, 2010 Van ’t Veer, Paul, De Atjeh-oorlog, Penerbit de Arbeiderspers, 1969 Vink, Nico, Verbannen uit Indië (1936-1945), Penerbit Walburg Pers, 2007
Vink, Nico en Mehmet Ozay, Wat weten Atjehers van de Hollandse Koloniale Oorlog in Atjeh?, Januari 2010, penelitian yang belum diterbitkan.
Wekker, Hoe beschaafd Nederland in de twintigste eeuw vrede en orde schept op Atjeh, 17 artikel dalam De Avondpost, Oktober 1907 Zentgraaff, H.C., Atjeh, Batavia, 1938
Zonneveld, van, Peter, De Van Heutsz-mythe, dalam: Liesbeth Dolk (red.), Atjeh, De verbeelding van een koloniale oorlog, Penerbit Bert Bakker, Amsterdam, 2001
Bossenbroek, Martin, Geweld als therapie, dalam: Liesbeth Dolk (red.), Atjeh, De verbeelding van een koloniale oorlog, Penerbit Bert Bakker, Amsterdam 2001
Blokker, Jan, Veel geleerd, niets onthouden, dalam: NRC Handelsblad, 4 September 2009
Blokker, Jan, Nog altijd de oorlog van Lou de Jong, dalam: NRC Handelsblad, 14 Mei 2010 Bruinsma J.F.D., De verovering van Atjeh’s Grote Mesigit, 1889
De Groot, Menke, Onze vestiging in Atjeh, Drogredenen zijn geen waarheid, van G.F.W. Borel, Penerbit Eburon Delft, 2009
Hadi, Amirul, Exploring the Acehnese Conception of War and Peace, A Study of Hikayat Prang Sabi, makalah yang dipresentasikan pada First International Conference of Aceh and Indian Ocean Studies, Banda Aceh, 24-27 Pebruari 2007
Hogervorst, Lucie, Van etnocentrisme naar cultuurrelativisme, skripsi doktoral, Rotterdam, 2004
Hogervorst, Lucie, De (niet te) vergeten oorlog in Atjeh, dalam: Penerbitan Khusus 65 jaar na de Tweede Wereldoorlog, 2010
Langeveld, Herman, Dit leven van krachtig handelen. Hendrikus Colijn 1869-1944, Deel 1: 1869-1933, Atjeh, Penerbit Balans, 1998
Marzuki, Marlina, Dodaidi, More than songs of lullaby, Lhokseumawe State Polytechnic, 2009
Paasman, Bert, Wij gaan naar Atchin toe, dalam: Liesbeth Dolk (red.), Atjeh, De verbeelding van een koloniale oorlog, Penerbit Bert Bakker, Amsterdam 2001 Rep, Jelte, Atjeh, Atjeh!, Penerbit de Prom, Baarn 1996
Székely-Lulofs, Madelon, Tjoet Nja Din, Amsterdam 1948, ’s-Gravenhage 1985
Touwen-Bouwsma, Elly, Het Bronbeekpark, dalam: Madelon de Keizer en Marije Plomp (red.), Een open zenuw. Hoe wij ons de Tweede Wereldoorlog herinneren,Penerbit Bert Bakker, Amsterdam, 2010 Van ’t Veer, Paul, De Atjeh-oorlog, Penerbit de Arbeiderspers, 1969 Vink, Nico, Verbannen uit Indië (1936-1945), Penerbit Walburg Pers, 2007
Vink, Nico en Mehmet Ozay, Wat weten Atjehers van de Hollandse Koloniale Oorlog in Atjeh?, Januari 2010, penelitian yang belum diterbitkan.
Wekker, Hoe beschaafd Nederland in de twintigste eeuw vrede en orde schept op Atjeh, 17 artikel dalam De Avondpost, Oktober 1907 Zentgraaff, H.C., Atjeh, Batavia, 1938
Zonneveld, van, Peter, De Van Heutsz-mythe, dalam: Liesbeth Dolk (red.), Atjeh, De verbeelding van een koloniale oorlog, Penerbit Bert Bakker, Amsterdam, 2001
Catatan
(1) Wekker 1907 (12) Bossenbroek 2001 (23) Marzuki 2009
(2) Székely-Lulofs 1948/1985 (13) Langeveld 1998 (24) Vink en Ozay 2010
(3) Blokker 2009 (14) Székely-Lulofs 1948/1985 (25) Van Zonneveld 2001 hal. 139-154 (4) de Groot 2009 (15) Faber 1988 (26) Touwen-Bouwens 2010 hal. 105 (5) Paasman 2001 hal. 159/160 (16) Van ’t Veer 1969 (27) Blokker 2010 (6) Paasman 2001 hal. 51 (17) Dolk 2001 (28) de Groot 2009 hal. 24 (7) Paasman 2001 hal. 56 (18) Hogervorst 2004 Basry 1990 hal. 99 (8) Paasman 2001 hal. 63 (19) Hogervorst 2010 Bruinsma 1889 hal. 59 (9) Van ’t Veer 1969 hal. 39 (20) Hadi 2007 (29) Bossenbroek 2001 hal. 21 (10) Zentgraaff 1938 hal. 190 (21) Zentgraaff 1938 hal. 245 Basry 1990 hal. 190
(11)Van ’t Veer 1969 hal.256 (22)Rep 1996 hal. 5 (30) geïnspireerd op de Talmud (31) Vink 2007 hal. 163
(1) Wekker 1907 (12) Bossenbroek 2001 (23) Marzuki 2009
(2) Székely-Lulofs 1948/1985 (13) Langeveld 1998 (24) Vink en Ozay 2010
(3) Blokker 2009 (14) Székely-Lulofs 1948/1985 (25) Van Zonneveld 2001 hal. 139-154 (4) de Groot 2009 (15) Faber 1988 (26) Touwen-Bouwens 2010 hal. 105 (5) Paasman 2001 hal. 159/160 (16) Van ’t Veer 1969 (27) Blokker 2010 (6) Paasman 2001 hal. 51 (17) Dolk 2001 (28) de Groot 2009 hal. 24 (7) Paasman 2001 hal. 56 (18) Hogervorst 2004 Basry 1990 hal. 99 (8) Paasman 2001 hal. 63 (19) Hogervorst 2010 Bruinsma 1889 hal. 59 (9) Van ’t Veer 1969 hal. 39 (20) Hadi 2007 (29) Bossenbroek 2001 hal. 21 (10) Zentgraaff 1938 hal. 190 (21) Zentgraaff 1938 hal. 245 Basry 1990 hal. 190
(11)Van ’t Veer 1969 hal.256 (22)Rep 1996 hal. 5 (30) geïnspireerd op de Talmud (31) Vink 2007 hal. 163
Nico Vink
(Surabaya 1928), pengemudi kapal Java-China-Japan Lijn, drs. ekonomi (Amsterdam 1954), ekonomi lalu lintas (Bergen/Noorwegen), KLM (Asia), biro iklan Nijgh/Rotterdam dan KVH/Amsterdam, dosen HEAO (Den Haag), disertasi Macht en Kultuur in Marketing (Tilburg, 1986), dosen Fakultas Obyek Indutrial/Teknik Universitas Delft, dosen tamu di Kopenhagen, Trondheim dan Oslo, Lódz/Polen, Tokaj/Japan, AGSIM (Phoenix USA), penulis buku Verbannen uit Indie (1936-1945) Walburg Pers Zutphen, 2007.
(Surabaya 1928), pengemudi kapal Java-China-Japan Lijn, drs. ekonomi (Amsterdam 1954), ekonomi lalu lintas (Bergen/Noorwegen), KLM (Asia), biro iklan Nijgh/Rotterdam dan KVH/Amsterdam, dosen HEAO (Den Haag), disertasi Macht en Kultuur in Marketing (Tilburg, 1986), dosen Fakultas Obyek Indutrial/Teknik Universitas Delft, dosen tamu di Kopenhagen, Trondheim dan Oslo, Lódz/Polen, Tokaj/Japan, AGSIM (Phoenix USA), penulis buku Verbannen uit Indie (1936-1945) Walburg Pers Zutphen, 2007.
(Penulis Nico Vink, diterjemahkan oleh Hasti Tarekat)
Penulis adalah dosen HEAO (Den Haag), dosen Fakultas Obyek Indutrial/Teknik Universitas Delft, dosen tamu di Kopenhagen, Trondheim dan Oslo, Lódz/Polen, Tokaj/Japan, AGSIM (Phoenix USA) dan penulis buku Verbannen uit Indie (1936-1945) Walburg Pers Zutphen, 2007
Penulis adalah dosen HEAO (Den Haag), dosen Fakultas Obyek Indutrial/Teknik Universitas Delft, dosen tamu di Kopenhagen, Trondheim dan Oslo, Lódz/Polen, Tokaj/Japan, AGSIM (Phoenix USA) dan penulis buku Verbannen uit Indie (1936-1945) Walburg Pers Zutphen, 2007